PKMS SMART STRATEGI DENGAN LEADS CREATION E-DIGITAL PADA UKM DI ERA NEW NORMAL

Deni Suwandhani, Thesa Alif Ravelby, Suhery Suhery, Muthia Roza Linda, Riza Yonita

Abstract


Pengelolaan dalam memasarkan produk yang belum terintegrasi dengan baik mengakibatkan produk dengan metode penjualan yang masih bersifat konvensional. Wabah Covid-19 yang terjadi dua tahun belakangan berdampak pada industri pengrajin sulaman. Penurun dratis omset penjualan berdampak pada barang yang menumpuk karena berpoduksi yang masih berlanjut. Hal ini tentunya akan menjadi berbeda jika mereka memanfaatkan teknologi untuk memasarkan produknya. Tujuan dari kegiatan PKMS ini memberikan edukasi, pelatihan dan pendampingan kepada pengrajin sulaman mengenai  smart strategy dengan lead creation e-digital, diantarannya dengan digital marketing dan visual marketing. Adapun metode yang di gunakan pada pelaksanaan kegiatan adalah dengan ceramah ,diskusi dan praktek. Dari hasil pelaksanaan kegiatan berdasarkan kuesioner pre test dan post test mendapat hasil postif terhadap perkembangan informasi yang di dapatkan sebelumnya.

Full Text:

PDF

References


Hafsah, M. J. (2004). Upaya Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah (UKM). Infokop, 25.

Hambali, I. R., & Maruwae, A. (2020). Jurnal Sibermas ( Sinergi Pemberdayaan Masyarakat ) Enterpreneurship Capacity Building ( ECB ) New Normal dan Edukasi Pengelolaan Sumber Daya Desa untuk Mendukung Ketahanan Ekonomi Masyarakat di Tengah Pandemi PENDAHULUAN Letak georafis Indonesia yang ter. 1.

Kotler, Philip; Kartajaya, Hermawan; Setiawan, I. (2021). Marketing 5.0: Technology for Humanity. John Wiley & Sons.

Linda, M. roza, Patrisia, D., Thabrani, G., & Yonita, R. (2020). Competitive advantage throught innovation, human capital and knowledge management. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(3), 5554–5565.

Mashur, D., Putra, R. M., Herman, H., Mayarni, M., Nasution, M. S., Hariyani, E., Musadad, M., & Putri, R. A. (2019). Penguatan Iptek dan kearifan lokal dalam pengelolaan perikanan di Desa Pangkalan Jambi Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis. Unri Conference Series: Community Engagement, 1, 290–296. https://doi.org/10.31258/unricsce.1.290-296

Nurjaya, I Gede, dkk. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Tri Harta Di Desa Binaan Abang Batu Dinding Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli, International Journal of Community Service Learning, Vol. 1 (1) 17-25.

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19)

Purwana ES, Dedi, Rahmi, Aditya, S. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro , Kecil , Dan Menengah ( Umkm ). Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17.

Purwanto, Y. S., & Veranita, M. (2018). Pelatihan Fotografi Dasar Bagi Pelaku Usaha Kecil Dan Menengah (Ukm) Kecamatan Lengkong Kota Bandung. Dharma Bhakti Ekuitas, 2(2), 205–211. https://doi.org/10.52250/p3m.v2i2.74

Putri, V., Yukihana, A., Shafira, A., Tasya, A. and, & Al-Aufa, B. (2019). The entrepreneurship capacity building program and empowering fisherwomen Sawohan Village, East Java. ASEAN Journal of Community Engagement, 3(2). https://doi.org/10.7454/ajce.v3i2.1062

Raharja, S. J., Rivani;, & Arifianti, R. (2019). Pelatihan Pembuatan Website untuk pelaku industri keramik di kabupaten Purwakarta. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3).

Sholeh, M., & Basuki, U. J. (2021). Pendampingan Penggunaan Facebook Marketplace sebagai media promosi dan transaksi penjualan bagi pelaku UKM. MATAPPA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 36–42.

Siswanto. (2020). Krisis Covid-19, Pekerja Film Sampai Desainer Grafis Kehilangan Pendapatan. https://akurat.co/news/id-1084384- read-krisis-covid19- %0Apekerja-film-sampai-desainergrafis-kehilangan-pendapatan %0A

Stephanie, D. (2015). The Visual Marketing Revolution : 26 Kiat Sukses Pemasaran Di Media Sosial. Serambi Ilmu Semesta.

Susanti, elisa. (2020). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Kecamatan Jatinangor. 1(2), 36–50.

https://www.bi.go.id/id/publikasi/laporan/lpp/Pages/Laporan-Perekonomian-Provinsi-Sumatera-Barat-Februari-2021


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


------------------------------------------------------------------------

Indexed By

 

 

Prosiding Senpedia

Email: [email protected]

Print-ISSN : 2986-187X | E-ISSN : 2963-9646