PENDAMPINGAN LITERASI MENULIS BUKU NONFIKSI BAGI SISWA SMP NEGERI 10 DEPOK

Suratni Suratni, Refi Yuliana, Putri Surya Cempaka

Abstract


SMP Negeri 10 Depok memiliki program literasi sekolah, berupa kegiatan baca-tulis, dan belum pernah menerbitkan buku tulisan para siswa. Untuk itu, tujuan PKM ini adalah untuk memberikan pendampingan literasi menulis buku nonfiksi bagi siswa SMP Negeri 10 Depok. Dengan menulis dan menerbitkan buku, diharapkan dapat berkontribusi dalam hal pembangunan kehidupan masyarakat sosial dan berpendidikan. Metode yang digunakan adalah metode participatory dalam bentuk workshop penulisan dan pendampingan penerbitan buku nonfiksi. Tahapan yang telah dijalankan meliputi Praproduksi, Produksi, dan Pascaproduksi. Praproduksi mencakup komunikasi awal dengan mitra sekolah, diskusi awal dengan guru sebagai fasilitator, dan sosialisasi awal kepada para siswa. Produksi mencakup penyusunan modul, workshop penulisan, dan pendampingan penerbitan buku nonfiksi (penyuntingan dan perancangan grafis). Pascaproduksi yaitu proofreading naskah buku yang dihasilkan. Sebanyak 170 siswa menulis catatan perjalanan wisata budaya Yogyakarta, wisata religi Bandung, dan wisata keluarga di Depok. Tiga buku karya siswa SMP Negeri 10 Depok diterbitkan oleh Shinna Media Publishing sebagai luaran kegiatan ini.



Full Text:

PDF

References


Ahmadi, F., & Ibda, H. (2022). Media Literasi Sekolah (Teori dan Praktik). Semarang: CV Pilar Nusantara.

Amelia, D., & Akmalia, N. (2021). Pemanfaatan Instagram: Upaya untuk Memperkenalkan Program Studi Penerbitan dan Karya-Karyanya kepada Masyarakat. MEDIASI Jurnal Kajian dan Terapan Media, Bahasa, Komunikasi, 2 (3), https://ojs2.polimedia.ac.id/index.php/mediasi/article/view/389.

Asti, A. P., & Widiyarto, S. (2020). Literasi Bahasa dalam Meningkatkan Minat Baca dan Menulis pada Siswa SMP Kota Bekasi. BASASTRA Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra, 9 (1), https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/basastra/article/view/17778.

Bawa, D. N. (2020). Pengembangan GLS dengan Mengotimalkan Peran Perpustakaan Melalui Program “Tali Kasih”. Mimbar Pendidikan Indonesia (MPI), 1(2), https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/30184

Fahyuni, E. F., Arifin, M. B., Fahmawati, Z. N., Triayudha, A., & Sudjarwati, S. (2020). Gerakan Menulis Buku Siswa SMP Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Abdimas PHB, 3(2), http://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/abdimas/article/view/1809.

Kiki. (2018). Gerakan Literasi di Kota Depok Jangan Hanya Seremonial Belaka. Diakses pada laman https://jabar.pojoksatu.id/depok/2018/01/09/gerakan-literasi-di-kota-depok-jangan-hanya-seremonial-belaka/

Nurwicaksono, B. D., Suratni, S., & Amelia, D. (2019). Pendampingan Literasi Menulis Buku Anak di School of Universe. Laporan PKM Politeknik Negeri Media Kreatif: DKI Jakarta. Tidak Diterbitkan.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia: DKI Jakarta.

Portal OPD Kota Depok. (2016). Diakses pada laman https://opd.depok.go.id/Home/berita_detail/gsl-gerakan-literasi-sekolah, tanggal 8 Februari 2022, pukul 14:33 WIB.

Retnaningdiah, P. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama. DKI Jakarta: Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah, Kemendikbud.

Sumarno, S. (2022). Visi Misi UPTD SMP Negeri 10 Depok. Diakses pada laman: http://www.smpn10depok.sch.id/read/18/visi-dan-misi, tanggal 2 Februari 2022, pukul 09:50 WIB.

Superman, S., Purmintasari, Y. D., & Agustina, R. (2019). Penguatan Literasi di Sekolah. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3 (2), https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/gervasi/article/view/1505.

Suratni, S. (2019). Pendidikan Vokasi dalam Bidang Penerbitan Buku di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (http://sentrinov.org/prosiding-2019/). Bangka Belitung: P3M Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung.

Suratni, S. (2019). Upaya Program Studi Penerbitan dalam Mengangkat Kearifan Lokal di Indonesia melalui Buku. METACOMMUNICATION; Journal of Communication Studies, 4(1), https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/MC/article/view/6351.

Tim Penyusun. (2018). Peta Okupasi Nasional Bidang Komunikasi Tahun 2018. DKI Jakarta: Pusat Pengembangan Literasi dan Profesi SDM Komunikasi, Kominfo.

Undang-Undang Republik Indonesia No 3 Tahun 2017 tentang Sistem Perbukuan

Widodo, A. (2020). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama (SMP). TARBAWI Jurnal Ilmiah Pendidikan, 16(1), http://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/496.

Wirawan, N. H., Gumon, G., & Trianto, A. (2018). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 2(3), https://ejournal.unib.ac.id/index.php/korpus/article/view/6785.

Yuliana, R., Suratni, S., & Aziz, P. F. (2022). Strategi Diversifikasi Produk Buku Fiksi sebagai Pengembangan Karya Tugas Akhir Penerbitan. MUKASI: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(3), https://journal.yp3a.org/index.php/mukasi/article/view/1093.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


------------------------------------------------------------------------

Indexed By

 

 

Prosiding Senpedia

Email: [email protected]

Print-ISSN : 2986-187X | E-ISSN : 2963-9646