PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN BOARD GAME SEDEKAH DENGAN TEMA RAGAM HIAS MOTIF ARABESQUE

Pratiwi Kusumowardhani, Zainul Hakim, Salsabila Nur Awwalia

Abstract


Dalam pendidikan anak usia dini, permainan merupakan hal yang perlu dikembangkan dalam proses pengajaran. Diperlukannya pengembangan media pembelajaran dan media informasi yang menarik dan komunikatif , agar para siswa di sekolah dapat dengan mudah menangkap informasi dan pelajaran yang diberikan oleh para guru-gurunya di sekolah. Dalam penulisan pengabdian kali ini penulis memperkenalkan permainan pembelajaran board game sedekah dengan tema ragam hias motif arabesque. Motif arabesque merupakan motif ragam hias yang berasal dari timur tengah yang banyak diadaptasi dalam pembuatan masjid. Tujuan dari perkenalan permainan ini adalah agar para siswa mendapatkan   ilmu   sedekah   dengan   cara   yang   menarik   yaitu   dengan   cara   bermain   yang menyenangkan. Metode yang dilakukan dalam pelatihan ini adalah metode active-learning dan participatory-learning yang dimana anak-anak bermain langsung dengan para mentor dan gurunya, di iringi dengan penjelasan akan makna dan maksud dari sedekah. Setelah anak-anak usia dini ini bermain board game, para mentor langsung memberikan feedback berupa pertanyaan terkait dengan sedekah, dan para siswa dapat menjawab bahwa sedekah bukan hanya dengan uang saja, melainkan dengan berbagi makanan dengan sesama, senyum, dan membantu teman merapihkan mainan juga merupakan bagian dari sedekah.

Full Text:

PDF

References


Arabesque Patterns, Art & Designs. What is an Arabesque? Video & Lesson Transcript Study.com diakses pada 7 Juli 2022

Ariyanti, Fitri. 2007. Diary Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Penerbit Cinta.

Francis Robinson. (1996). The Cambridge Illustrated History of the Islamic World, Cambridge University Press.

Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta: Penerbit Erlangga

Jefkins, Frank F. 1997. Advertising Periklanan: Cetakan II Edisi Ketiga. Jakarta: Erlangga. John Fleming and Hugh Honour, (1977). Dictionary of the Decorative Arts.

Rahman, G. 2020. Dampak sedekah bagi perkembangan usaha (studi kasus donatur Panti Asuhan Darul Amin Palangka Raya) (Doctoral dissertation, IAIN Palangka Raya).

Khabibah, N. 2021. Nilai-Nilai Pendidikan Bersedekah dalam Kitab Hadits Arbain karangan

Imam An-Nawawi (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS) Krause, Jim. 2004. Design Basic Index. Ohio: HOW Design B.

Landa, Robin. 2006. Designing Brand Experiences. New York: Thomson Delmar Learning.

Machasin. (1997) "Kaligrafi Sebagai Simbol Budaya Islami" Makalah Diskusi Panel Kaligrafi Islami Nasional, Yogyzkanz: Panitia MTQ XVI.

Nofiaturrahmah, F. (2018). Penanaman karakter dermawan melalui sedekah. ZISWAF: Jurnal Zakat dan Wakaf, 4(2), 313-326.

Pritchett, Lant. 2013. The Rebirth of Education: Schooling Ain't Learning. London: CGD Books

Rustan, Surianto. 2011. Huruf, Font dan Tipografi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Paslah, R. 2021. KONSEP SEDEKAH DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (Studi Analisis Isi Buku The Power Of Sedekah) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Gresik).

Sari, A. C., & Yulianawati, T. 2017. Sedekah Sebagai Media Pendidikan Karakter untuk Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini. Jurnal Thufula, 5(1). Suherman, Erman. 2001. Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.

Zeegen, L. (2009). What is illustration?. RotoVision. Zubaedi, M. A. 2015. Desain Pendidikan Karakter. Prenada Media. Pendidikan Anak Usia Dini - kemdikbud.go.id diakses pada 12 Juli 2022


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


------------------------------------------------------------------------

Indexed By

 

 

Prosiding Senpedia

Email: [email protected]

Print-ISSN : 2986-187X | E-ISSN : 2963-9646