PEMBERDAYAAN ESTETIKA PADA UMKM KAYLA SOUVENIR

Umi Hanifah, Fery Wisnu Saputro, Erna Chotidjah Suhatmi

Abstract


Abstrak: Pelaksanaan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Stimulus (PKMS) ini melakukan pemberdayaan estetik tata letak produk pada UMKM Kayla Souvenir dengan melakukan tata letak layout produk yang efektif dan efisien serta redesign tata letak produk. Kegiatan ini memiliki target untuk peningkatan usaha UMKM dalam proses tata letak layout produk yang menarik dan membantu UMKM dalam membuka toko offline sebagai upaya peningkatan pendapatan usaha. Kegiatan ini dilakukan melalui 5 tahap yaitu (1) Penyusunan Materi, (2) Sosialisasi, (3) Persiapan Peralatan, (4) Pendampingan, dan (5) Monitoring.

Tahap penyusunan materi, tim  akan menyusun materi sosialisasi berkaitan dengan layout produk yang efektif dan efisien kepada pemilik UMKM Kayla Souvenir (usulan layout) dengan penggunaan unsur estetika dalam proses perencanaan layout.

Tahap sosialisasi menggunakan metode pemaparan, diskusi dan sekaligus demonstrasi simulasi penataan layout agar mitra dapat memahami materi yang disampaikan. Tahap ini akan dikonsentrasikan untuk pengenalan tata letak produk yang efektif dan efisien.

Tahap persiapan peralatan dilakukan oleh tim dan mitra untuk bekerjasama dalam mempersiapakan peralatan yang diperlukan dalam penataan layout produk yang efektif dan efisien dengan penggunaan unsur estetika dalam penataan layout.

Tahap pendampingan dilakukan tim pengabdian melalui pendampingan dan pembinaan dalam upaya penataan layout produk yang efektif dan efisien yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan UMKM Kayla Souvenir dalam toko offline.

Tahap monitoring akan dilakukan tim pengabdian secara berkala dan berkelanjutan. Pada tahap awal monitoring akan dilakukan setiap seminggu sekali untuk melihat perkembangan terhadap penataan layout yang telah dilakukan dalam peningkatan pendapatan UMKM. Selanjutnya, monitoring akan dilakukan setiap sebulan sekali untuk melihat dampak yang terlihat pada UMKM Kayla Souvenir dari segi pendapatan setelah melakukan perubahan tata letak layout produk.

 

Kata Kunci: Estetik Empowerment, Redesain tata letak produk, dan Kayla Souvenir

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


------------------------------------------------------------------------

Indexed By

 

 

Prosiding Senpedia

Email: [email protected]

Print-ISSN : 2986-187X | E-ISSN : 2963-9646