PELATIHAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SMP NEGERI 14 TANJUNGPINANG

Fabio Testy Ariance Loren, Nur Asmariani Siregar, Susanti Susanti

Abstract


Guru sebagai salah satu tonggak terpenting dalam dunia pendidikan haruslah memiliki kompetensi guru yang profesional. Oleh sebab itu, perlu diadakan pengembangan profesi guru antara lain membuat karya tulis ilmiah. Peserta kegiatan ini adalah guru di SMP Negeri 14 sebanyak 11 orang yang belum pernah sama sekali menulis ataupun menerbitkan karya tulis ilmiah. Kegiatan pelatihan dilakukan dalam tiga tahap yaitu (a) Tahap Persiapan (Penyampaian materi dan tanya jawab), (b)Tahap Pelaksanaan (Pembimbingan penulisan karya ilmiah), (c)Tahap Evaluasi (hasil dan kegiatan). Untuk mengetahui kemampuan awal guru, peserta diberikan angket melalui google form sebelum pelaksanaan pelatihan, kemudian diberikan diberikan pula pretest dan juga posttest setelah pelatihan untuk melihat dampak dari pelatihan ini terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam menulis karya tulis ilmiah. Berdasarkan hasil analisis data yang ada,  pada awal pelatihan peserta memiliki pengetauan dan keterampilan dalam menulis KTI dengan rata-rata 54,3. Namun, setelah diberi pelatihan, meningkat menjadi 61,4. Selain itu juga diberi angket terkait kegiatan yaitu pemateri, konten, dan manfaat kegiatan.



Full Text:

PDF

References


Kunandar GP. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Rajawali Pers; 2011.

Mansyur U, Akidah I. Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Mts DDI Padanglampe Kabupaten Pangkep Melalui Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah. JPPM (Jurnal Pengabdi dan Pemberdaya Masyarakat). 2018;2(2):273.

Firman. Terampil Menulis Karya Ilmiah. Makasar: Penerbit Aksara Timur; 2015.

Dewojati C. Panduan Penulisan Ilmiah Dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Javakarsa Media; 2012.

Wardani IGAK. Teknik penulisan karya ilmiah. Jakarta: Universitas Terbuka; 2014.

Yulhendri Y, Marna JE, Oknaryana O. Analisis Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Guru Ekonomi Di Kabupaten Pasaman Barat. J Inov Pendidik Ekon. 2018;8(1):56.

Gunawan I, Triwiyanto T, Kusumaningrum DE. Pendampingan penulisan artikel ilmiah bagi para guru sekolah menengah pertama. Abdimas Pedagog J Ilm Pengabdi Kpd Masy [Internet]. 2018;1(2):128–35. Available from: www.sciencedirect.com;

Pribadi BA, Delfy R. Implementasi Strategi Peta Konsep (Concept Mapping) Dalam Program Tutorial Teknik Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru. J Pendidik Terbuka Dan Jarak Jauh [Internet]. 2015;16(2):76–88. Available from: http://jurnal.ut.ac.id/index.php/jptjj/article/view/316


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


------------------------------------------------------------------------

Indexed By

 

 

Prosiding Senpedia

Email: [email protected]

Print-ISSN : 2986-187X | E-ISSN : 2963-9646