PELATIHAN PEMASARAN DIGITAL DAN PELAPORAN KEUANGAN SEDERHANA BAGI KELOMPOK USAHA DI KELURAHAN LENTENG AGUNG JAKARTA SELATAN

Muhamad Ridwan, Maria Ulfah Catur A., Dwi Mandasari Rahayu

Abstract


Abstrak: Akibat dari Pandemi Covid C-19 memberikan dampak yang signifikan di berbagai aspek. Salah satu yang berdampak yaitu dari segi perekonomian menyebabkan banyaknya usaha yang akhirnya menjadi gulung tikar. Permasalahan yang terdapat pada kelompok usaha di kelurahan lenteng Agung jakarta Selatan yaitu terjadinya penurunan penjualan produk, pemasaran yang dilakukan selama ini masih secara konvensional, informasi produk yang sampai ke masyarakat masih sangat terbatas, serta pengelolaan keungan juga masih belum dilakukan dengan baik. Hal inilah yang menjadi kendala bagi kelompok usaha di kelurahan Lenteng Agung Jakarta Selatan. Oleh karena itu, kami memberikan solusi dari permasalahan tersebut dengan cara melakukan Pelatihan Pemasaran Digital dan Pelaporan Keungan Sederhana Bagi kelompok Usaha Di Kelurahan Lenteng Agung Jakarta Selatan. Kegiatan dilakukan dengan metode workshop. Tim pengabdi memberikan materi pelatihan kepada peserta yang berjumlah 20 orang. Setelah kegiatan pelatihan, dilakukan pengukuran efektivitas pelatihan, hasilnya ada peningkatan softskill dan hardskill peserta sekitar 60%. Selain itu ada juga peningkatan nilai ekonomis di mana kegiatan bisnis masing-masing peserta mengalami peningkatan omzet rata-rata 25%.

 

Kata Kunci: Pemasaran; Kewirausanaan; Digital

Abstract:  The consequences of the Covid C-19 Pandemic have had a significant impact in various aspects. One that had an impact, namely from an economic perspective, caused many businesses to eventually go out of business. The problems found in the business group in the Lenteng Agung urban village, South Jakarta, namely the decline in product sales, the marketing that has been carried out so far is still conventional, product information that reaches the public is still very limited, and financial management has also not been carried out properly. This is an obstacle for business groups in the Lenteng Agung urban village, South Jakarta. Therefore, we provide a solution to this problem by conducting Digital Marketing Training and Simple Financial Reporting for Business Groups in Lenteng Agung Village, South Jakarta. Activities carried out with the workshop method. The service team provided training materials to 20 participants. After the training activities, the effectiveness of the training was measured, the result was an increase in the participants' soft skills and hard skills of around 60%. Apart from that, there was also an increase in economic value where the business activities of each participant experienced an average turnover of 25%.

Keywords: Marketing; Entrepreneurship; Digital

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


------------------------------------------------------------------------

Indexed By

 

 

Prosiding Senpedia

Email: [email protected]

Print-ISSN : 2986-187X | E-ISSN : 2963-9646