PELATIHAN PENGGUNAAN SOFTWARE GEOGEBRA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN STATISTIKA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA

Fitriani Halik, Suardi Suardi, Lukytta Gusti Acfira, Arysespajayadi Arysespajayadi, Erwinda Gracya Laman, Nur Saiful

Abstract


Abstrak: Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk mengetahui penggunaan software geogebra dalam pembelajaran matematika pokok bahasan statistika untuk meningkatkan kreatifitas siswa SMA Insan Cendekia Syech Yusuf. Masalah yang masih terjadi di SMA Insan Cendekia Syech Yusuf adalah siswa sering melakukan kesalahan dalam perhitungan dan tidak mempedulikan materi statistika, kurangnya layanan pendukung yang digunakan siswa untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sekolah, serta penggunaan komputer dalam pembelajaran terbatas pada penggunaan powerpoint, sehingga kreativitas siswa tidak berkembang di sekolah. Pengabdian ini dilakukan oleh 6 orang dosen. Adapun mekanisme pelaksanaan yang digunakan yaitu  meliputi perencanaan/persiapan, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi dan refleksi. Kegiatan pelatihan geogebra ini sangat bermanfaat sekali dan dapat meningkatkan kreatifitas siswa di bidang matematika khususnya pada mata pelajaran statistika. Namun demikian pelatihan ini tidak cukup satu hari sehingga perlu pelatihan yang berlangsung kontinu dan berkelanjutan sangat perlu dilaksanakan, sehingga dengan cara ini dapat mempercepat upaya peningkatan kemampuan menggunakan geogebra dalam pembelajaran matematika.

Kata Kunci: Geogebra; Statistika; Kreativitas Siswa

Abstract:  The purpose of this community service activity is to find out the use of geogebra software in learning mathematics on the subject of statistics to increase the creativity of SMA Insan Cendekia Syech Yusuf Senior Highschool. The problem that still occurs at Insan Cendekia Syech Yusuf Senior Highschool is that students often make mistakes in calculations and don't care about statistical material, the lack of support services used by students to improve the quality of school learning, as well as the use of computers in learning using PowerPoint, so that limited student creativity does not develop . at school. This service was carried out by 6 lecturers. The implementation mechanism used includes planning/preparation, implementation, monitoring, evaluation and reflection. This geogebra training activity is very useful and can increase students' creativity in the field of mathematics, especially in statistics subjects. However, this training is not enough for one day, so continuous and ongoing training really needs to be carried out, so that in this way it can accelerate efforts to increase the ability to use geogebra in learning mathematics.

Keywords: Geogebra; Statistics; Student Creativity

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


------------------------------------------------------------------------

Indexed By

 

 

Prosiding Senpedia

Email: [email protected]

Print-ISSN : 2986-187X | E-ISSN : 2963-9646