KREATIVITAS MENGOLAH USAHA KULINER KHAS MAKASSAR DAN STRATEGI PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL

Muliaty Muliaty, Besse Irna Tawaddud, Abd. Gunaldi Muin, Haeruddin Haeruddin

Abstract


Abstrak:Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk menambah dan mngembangkan pengetahuan tentang pemanfaatan media sosial sebagai sarana pengembangan usaha kuliner bagi masyarakat di Kelurahan Batua Kota Makassar agar bisa mewujudkan ke arah yang lebih mandiri secara ekonomi dan mampu bersaing di dunia usaha kuliner, maka tim pengabdi Politeknik Negeri Media Kreatif PSDKU Makassar memberikan materi dan pelatihan tentang kreativitas mengolah usaha dan strategi pemasaran produk usaha kuliner melalui media sosial. Hasil dari pengabdian pada masyarakat yang telah dilaksanakan dengan menggunakan metode ceramah dan metode diskusi. Metode ceramah kegiatan terdiri dari penyampaian materi tentang strategis pemasaran, pemahaman terhadap media sosial, serta trik dalam usaha menggunakan media sosial seperti instagram, Facebook dan lain-lain. Metode diskusi kegiatan yang dilakukan dengan sistem tanya jawab terhadap akun media sosial untuk memasarkan produk usaha kulinernya. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini maka menjadi wadah bagi masyarakat di RW.13 Kelurahan Batua Kecamatan Manggala Kota Makassar yang ingin mempromosikan dan memperluas usaha kuliner melalui media sosial sehingga lebih dikenal dan usaha kulinernya bisa sukses dan berkembang serta mendukung program Wali Kota Makassar terkait Branding “Makassar Kota Makan Enak”.

Kata kunci : strategi, pemasaran, produk, usaha kuliner, media social


Abstract: The purpose of this community service activity is to increase and develop knowledge about the use of social media as a means of developing culinary businesses for the community in Batua Village, Makassar City so that they can realize a direction that is more economically independent and able to compete in the world of culinary business, so the team Servants of the PSDKU Makassar Creative Media State Polytechnic provide material and training on creativity in business processing and marketing strategies for culinary business products through social media. The results of community service that has been carried out using the lecture method and discussion method. The activity lecture method consists of delivering material on marketing strategies, understanding social media, and tricks in using social media such as Instagram, Facebook and others. The activity discussion method is carried out using a question and answer system on social media accounts to market their culinary business products. It is hoped that this training will become a forum for the community in RW.13 Batua Village, Manggala District, Makassar City who want to promote and expand culinary businesses through social media so that they are better known and their culinary businesses can be successful and develop and support the Mayor of Makassar's program regarding Branding "Makassar City of Good Eats”.

Keywords: strategy, marketing, product, culinary business, social media



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


------------------------------------------------------------------------

Indexed By

 

 

Prosiding Senpedia

Email: [email protected]

Print-ISSN : 2986-187X | E-ISSN : 2963-9646