PELATIHAN LITERASI DIGITAL GURU DALAM PEMBUATAN BLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SMP MUHAMMADIYAH 58 MEDAN

Dewantoro Lase, Siti Aisyah, Suhendra Suhendra, Komda Saharja

Abstract


Abstrak: Pembelajaran berbasis teknologi menjadi semakin relevan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran di era digital ini. Salah satu pendekatan yang menarik adalah pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran yang kreatif dan interaktif. Namun, keberhasilan penggunaan blog dalam pembelajaran sangat bergantung pada tingkat literasi digital guru sebagai fasilitator dan pengarah. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi manfaat pelatihan literasi digital bagi guru dalam pembuatan blog sebagai media pembelajaran pada SMP Muhammadiyah 58 Medan. Hasilnya menunjukkan bahwa pelatihan literasi digital sangat berpengaruh positif dalam memberdayakan guru untuk mengembangkan keterampilan dan pemahaman teknis dalam pembuatan dan pengelolaan blog. Blog memungkinkan guru untuk menyajikan materi pembelajaran secara menarik melalui beragam format multimedia, termasuk teks, gambar, video, dan tautan. Guru juga mampu mendorong partisipasi aktif siswa melalui fitur komentar dan interaksi online.

Kata Kunci: Pelatihan, Literasi Digital, Pembuatan Blog, Media Pembelajaran

 

Abstract:  Technology-based learning is becoming increasingly relevant for improving the quality of learning processes in this digital age. One interesting approach is the use of blogs as a creative and interactive learning medium. However, the success of using blogs in learning depends heavily on the level of digital literacy of teachers as facilitators and directors. This article aims to explore the benefits of digital literacy training for teachers in the creation of blogs as a learning medium at SMP Muhammadiyah 58 Medan. The results show that digital literacy training has a very positive impact in empowering teachers to develop technical skills and understanding in creating and managing blogs. Blogs allow teachers to present learning materials intriguingly through a variety of multimedia formats, including text, images, videos, and links. Teachers are also able to encourage active participation of students through comments and online interactions.

Keywords: Training, Digital Literacy, Blogging, Media Learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


------------------------------------------------------------------------

Indexed By

 

 

Prosiding Senpedia

Email: [email protected]

Print-ISSN : 2986-187X | E-ISSN : 2963-9646