PENGEMBANGAN DAN PELATIHAN WEBSITE PEMASARAN KAIN TENUN DAN KOMIK LONTAR PADA BUMDES

Putu Adi Suprapto, Ni Ketut Pradani Gayatri Sarja, Ni Luh Ayu Kartika Yuniastari Sarja

Abstract


Abstrak: Desa Sidemen memiliki banyak UMKM yang dikembangkan oleh masyarakat desa untuk mengolah potensi serta produk unggulan yaitu kain tenun dan komil lontar. UMKM ini dikelola BUMDES, namun pada implementasinya pemasaran yang dilakukan oleh BUMDES tidak efektif karena masih dalam lingkup lokal dan tidak berbasis digital. Salah satu media pemasaran digital adalah website, website dapat memudahkan pencarian informasi produk yang dihasilkan UMKM karena dapat diakses dimana saja. Mengacu pada permasalahan tersebut maka kegiatan ini mengembangkan website pemasaran serta memberikan pelatihan mengenai tata cara pengaplikasian website yang akan diterapkan di BUMDES. Diharapkan dengan adanya website ini, produk UMKM semakin dikenal dan menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Desa Sidemen. Metode yang digunakan adalah pelatihan sekaligus praktek langsung menggunakan website pemasaran yang melibatkan seluruh staff BUMDES, evaluasi dilakukan dengan observasi dan wawancara secara langsung. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dalam menggunakan website sebesar 50%, dan 2 orang dari staff admin BUMDES fasih menggunakan website tersebut.

Kata Kunci: UMKM; Website; BUMDES

Abstract:  Sidemen Village has many MSMEs developed by the village community to process potential and superior products, namely woven cloth and lontar palm oil. This MSME is managed by BUMDES, but in its implementation the marketing carried out by BUMDES is not effective because it is still local and not digital-based. One of the digital marketing media is a website. A website can make it easier to find information on products produced by MSMEs because it can be accessed anywhere. Referring to these problems, this activity develops a marketing website and provides training regarding website application procedures that will be implemented in BUMDES. It is hoped that with this website, MSME products will become increasingly well known and become one of the attractions for tourists to visit Sidemen Village. The method used is training as well as direct practice using a marketing website involving all BUMDES staff, evaluation is carried out by direct observation and interviews. The evaluation results show an increase in knowledge in using the website by 50%, and 2 people from the BUMDES admin staff are fluent in using the website.

Keywords: MSME; Website; BUMDES

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


------------------------------------------------------------------------

Indexed By

 

 

Prosiding Senpedia

Email: [email protected]

Print-ISSN : 2986-187X | E-ISSN : 2963-9646