MENGEMBANGKAN KREATIVITAS GURU DALAM MENERAPKAN DESAIN COVER PADA MODUL DAN BUKU AJAR DI SD INPRES TAMALANREA 1 MAKASSAR

Muliaty Muliaty

Abstract


Abstrak: Pada dasarnya modul merupakan materi pelajaran yang disusun dan disajikan secara tertulis sedemikian rupa sehingga siswa dapat menyerap sendiri materi tersebut, sedangkan buku ajar ditekankan hanya sebagai kelengkapan proses pembelajaran dengan ciri ruang lingkupnya dibatasi kurikulum dan silabus. Permasalahan yang dihadapi oleh para guru di SD Inpres Tamalanrea 1 Makassar yaitu mereka belum mengenal aplikasi untuk membuat cover, selama ini guru-guru hanya meminta jasa orang lain untuk membuat cover modul dan buku ajar mereka, dan belum pernah ada pelatihan terkait bagaimana mendesain cover. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk membangun otoric, mengembangkan kreativitas dan memberikan motivasi guru-guru melalui aplikasi Adobe Photoshop agar mampu mandiri mendesain cover modul dan buku ajar. Metode yang digunakan agar tepat sasaran yaitu metode pembelajaran konvensional diskusi dan demonstrasi. Program pengabdian masyarakat ini dibuat untuk dapat membantu para guru di SD Inpres Tamalnrea 1 Makassar untuk dapat membuat modul dan buku ajar  secara mandiri melalui aplikasi Adobe Photoshop dan suatu hal yang sangat membanggakan bagi seluruh tim pengabdi, ternyata pelatihan berdampak sangat positif dan berhasil : Guru-guru dapat menerapkan aplikasi Adobe Photoshop dalam membuat modul dan buku ajar secara mandiri. Mampu menuangkan kreativitas dalam membuat cover modul dan buku ajar yang kreatif dan kren, dan mampu mendesain modul dan buku ajar untuk seluruh mata pelajaran yang diajarkan.

Kata kunci : modul; buku ajar; Adobe Photoshop.

Abstract: Basically, modules are subject matter that is arranged and presented in writing in such a way that students can absorb the material themselves, while textbooks are emphasized only as a completeness of the learning process with the characteristics of their scope limited curriculum and syllabus. The problem faced by teachers at SD Inpres Tamalanrea 1 Makassar is that they are not familiar with the application to make covers, so far teachers have only asked for the services of others to make their module covers and textbooks, and there has never been any training related to how to design covers. The purpose of this community service is to build motor skills, develop creativity and motivate teachers through the Adobe Photoshop application to be able to independently design module covers and textbooks. The methods used to be right on target are conventional learning methods of discussion and demonstration. This community service program was created to be able to help teachers at SD Inpres Tamalnrea 1 Makassar to be able to create modules and textbooks independently through the Adobe Photoshop application and something that is very proud for the entire service team, it turns out that the training has a very positive impact and is successful: Teachers can apply the Adobe Photoshop application in making modules and textbooks independently. Able to pour creativity in making creative module covers and textbooks and cranes, and able to design modules and textbooks for all subjects taught.

Keywords : module; textbooks; Adobe Photoshop

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


------------------------------------------------------------------------

Indexed By

 

 

Prosiding Senpedia

Email: [email protected]

Print-ISSN : 2986-187X | E-ISSN : 2963-9646