MENGEMBANGKAN KREATIVITAS GURU DALAM MENERAPKAN DESAIN COVER PADA MODUL DAN BUKU AJAR DI SD INPRES TAMALANREA 1 MAKASSAR

Akhmad Guntawan

Abstract


Pada dasarnya modul merupakan materi pelajaran yang disusun dan disajikan secara tertulis sedemikian rupa sehingga siswa dapat menyerap sendiri materi tersebut, sedangkan buku ajar ditekankan hanya sebagai kelengkapan proses pembelajaran dengan ciri ruang lingkupnya dibatasi kurikulum dan silabus. Permasalahan yang dihadapi oleh para guru di SD Inpres Tamalanrea 1 Makassar yaitu mereka belum mengenal aplikasi untuk membuat cover, selama ini guru-guru hanya meminta jasa orang lain untuk membuat cover modul dan buku ajar mereka, dan belum pernah ada pelatihan terkait bagaimana mendesain cover. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk membangun otoric, mengembangkan kreativitas dan memberikan motivasi guru-guru melalui aplikasi Adobe Photoshop agar mampu mandiri mendesain cover modul dan buku ajar. Metode yang digunakan agar tepat sasaran yaitu metode pembelajaran konvensional diskusi dan demonstrasi. Program pengabdian masyarakat ini dibuat untuk dapat membantu para guru di SD Inpres Tamalnrea 1 Makassar untuk dapat membuat modul dan buku ajar  secara mandiri melalui aplikasi Adobe Photoshop dan suatu hal yang sangat membanggakan bagi seluruh tim pengabdi, ternyata pelatihan berdampak sangat positif dan berhasil : Guru-guru dapat menerapkan aplikasi Adobe Photoshop dalam membuat modul dan buku ajar secara mandiri. Mampu menuangkan kreativitas dalam membuat cover modul dan buku ajar yang kreatif dan kren, dan mampu mendesain modul dan buku ajar untuk seluruh mata pelajaran yang diajarkan.

Full Text:

PDF

References


Anwar, Ilham. (2010). Pengembangan Bahan Ajar. Bahan Kuliah Online. Bandung: Direktori UPI.

Dewi K., & Sri Z. N. (2020). “E-Modul Membuat Desain Busana Menggunakan Adobe Photoshop PadaMata Kuliah Computer Design Bagi Mahasiswa Tata Busana”. Jurnal Kapita Selekta Geografi. Volume: 3 Nomor: 3.

Endah Tri Priyanti. (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum (2013). Jakarta: Bumi Aksara.

Enterprise, Jubilee. (2018). Adobe Photoshop Lightroom Classic CC 2018 Komplet. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Hartanto, Dwi. (2013). Pengembangan Media Bahasa Indonesia Materi Unsur

Hendratman, Hendi. (2015). Computer Graphic Design ( Edisi Revisi Kedua). Bandung: Informatika.

Ibnu R., Ade C., Arfhan P., Indah S., Supriyadi, Dhea S.,

Fitria K., Putri, Suci S., Siti N. (2022). “Pelatihan Olah Foto Digital Menggunakan Photoshop Bagi Remaja Pada Yayasan Dharma Kasih Jakarta Timur”. Jurnal Budimas Volume : 4 No. 1.

Mira Z., Ridha S. S., M. Rusli. (2020). “Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Perangkat Adobe Photoshop Untuk Manipulasi Foto Bagi Tim Teknologi Informasi YPU”. Jurnal Abdimas, Vol. 1, No. 1.

Sudjana, H.D. (2005). Strategi Pembelajaran. Bandung: Falah Production

Sumaryanti. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Memproduksi Teks Cerpen Bersumber Dari Majalah Untuk Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Volume: 1 Nomor: 4 Bulan April Tahun 2016 Halaman: 717—72.

Tara M. P. & Ellis T. (2022). “Pelatihan Google Workspace for Education melalui Pembelajaran Berbasis Proyek bagi Guru SMP”. Jurnal Panrita Abdi Volume: 6 Nomor: 3.

Widayanti, Thoha F., Arini R. S., & Effendi. (2022). “Pelatihan Pembuatan Bahan ajar E-Modul Interaktif Bagi Calon Pendidik Fisika”. Jurnal Monsu’Ani Tano Vlume: 5 Nomor: 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


------------------------------------------------------------------------

Indexed By

 

 

Prosiding Senpedia

Email: [email protected]

Print-ISSN : 2986-187X | E-ISSN : 2963-9646