TERAPI SENI RUPA PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI HOMESCOOLING BUEMILY

Fitri Evita, Sofi Andriyanti, Syafriyandi Syafriyandi

Abstract


Homeschooling Buemily memiliki 8 siswa berkebutuhan khusus dengan masalah neurologis yang berbeda-beda. Memiliki 7 guru yang berpengalaman sebagai terapis ABK namun tidak memiliki tutor yang ahli seni rupa. Mitra menyadari bahwa terapi seni rupa sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak, namun sulit menemukan tutor yang ahli, karena merupakan bidang ilmu seni yang berkorelasi dengan ilmu psikologi, dimana proses terapinya memerlukan kerjasama yang sustainability. Pengabdi berkerjasama untuk melakukan terapi seni rupa terhadap siswa-siswa ABK mitra, sebagai upaya peningkatan kemampuan kognitif yang dalam pelaksanaannya dilakukan 12 kali pertemuan dengan model kelas komunitas dan metode berbeda dan bertahap pada tiap anak, sesuai dengan jenis kebutuhan pencapaian kemampuan anak yang dapat diamati. Selama proses pelaksanaannya terdapat pencapaian signifikan pada aspek kognitif, seperti bertambahnya durasi konsentrasi anak, berkembangnya cara membangun konsep dan tema pada karya, mulai memahami bentuk korelasinya terhadap aspek verbal, berkurangnya hiperaktif pada anak dan munculnya rasa percaya diri serta kepuasan terhadap pencapaian hasil karyanya.

Full Text:

PDF

References


Alfani, R. R., Rasyid, M. R. A., & Pramesti, M.R.A. (2021). Here to Here: Metode Therapys Grup dalam Proses Mental Health Attention untuk Menangani Stress Mahasiswa Akibat Study Form Home di Tengah Pandemi. Jurnal Indonesia Sosial tekhnologi. 2(2), 266-273.

Andri Afriani. (2018). Pembelajaran Kontekstual (Contekstual Theaching and Learning) dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Al-Muta’aliyah STAI Darul Kamal NW Kemang Kerang. 1 (3), 80-88. http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/mutaaliyah

/article/view/3005/2208

Finney, B. C. & Crockett, N. (2012). Pscotheraphy Guidebook: Partnership Theraphy.. USA: Richie Herink and Paul R. Herink.

Gunawan, E. S. & Tjandradipura, C. (2017). Workshop Seni Rupa sebagai Terapi Seni ( Art Therapy ) untuk Anak Berkebutuhan Khusus ( ABK ). Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat 2017. 2 (2), E-1-5.

Irmayani, C. R., Jannah, N., & Fajriani. (2020). Penerapan Terapi Seni Visual (Kolase) Dalam Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Pada Anak Down Syndrome. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Konseling. 5 (2), 9-21. https://jim.unsyiah.ac.id/pbk/article/

viewFile/15306/7067

Ratri Desiningrum. (2016). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Psikosan.

Safitri, N., & Ardianingsih, F. (2020). Art Therapy Pada Perilaku Meltdown Anak Dengan Spektrum Autis. Jurnal Pendidikan Khusus, 16 (1), 1 -10.

Sulistyowati, H., Mayasari, D., & Hastinging, S.D., (2022). Pemerolehan Kosa Kata Anak Autism Spectrum Disorder (ASD). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 6 (4), 3091-3099.

Ummah, L., & Murtadlo. (2020). Studi Kepustakaan Art Therapy Terhadap Perilaku Hiperaktif Anak Autis. Jurnal Pendidikan Khusus, 15 (1), 1-6.

Wahidah, N. C., Cuntini, C., & Fatimah. (2019). Peran dan Aplikasi Asestment dalam Bimbingan dan Konseling. Jurnal Fokus (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan) 2 (2), 45-56.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


------------------------------------------------------------------------

Indexed By

 

 

Prosiding Senpedia

Email: [email protected]

Print-ISSN : 2986-187X | E-ISSN : 2963-9646