PENGUATAN LITERASI DIGITAL GURU SD MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA ATRAKTIF BERBASIS ANDROID

Muhammad Radian Nur Alamsyah, Sekar Jati Pamungkas

Abstract


Literasi digital merupakan kemampuan yang perlu dimiliki di abad 21. Secara nasional, kemampuan tersebut menjadi sasaran peningkatan dalam Gerakan Literasi Nasional yang dicanangkan pemerintah. Guru Sekolah Dasar (SD) yang menjadi penggerak utama kemampuan literasi digital ditingkat pendidikan dasar perlu menguasai kemampuan tersebut, sehingga dapat mengakselerasi kemampuan para siswanya.  Namun, hasil pengukuran awal terhadap para guru SD Negeri di Kelurahan Kemirirejo Kota Magelang mengindikasikan kemampuan tersebut belum optimal. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi digital para guru SD, khususnya dalam pembuatan media atraktif berbasis android. Kegiatan ini dilakukan dengan metode workshop. Peserta kegiatan ini adalah para guru SD Negeri di Kelurahan Kemirirejo Kota Magelang sebanyak 27 orang. Data kemampuan literasi digital diukur menggunakan angket yang diberikan sebelum dan setelah kegiatan. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui adanya peningkatan rata-rata sebesar 187,34%. Dengan demikian, dapat disimpulkan kegiatan pengabdian yang dilakukan telah berhasil meningkatkan kemampuan literasi digital para guru SD terutama dalam pembuatan media atraktif berbasis android.



Full Text:

PDF

References


Abdika, Y., Arham, M. A., & Sudirman, S. (2019). Pengaruh Metode Tanya Jawab Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jambura Economic Education Journal, 1(2). https://doi.org/10.37479/jeej.v1i2.2522

Anam, N., & Malikkhah, Z. (2020). STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI). Jurnal Mu’allim, 2(2). https://doi.org/10.35891/muallim.v2i2.2263

Barnawi. (2020). Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal Melalui Workshop di Madrasah Binaan. Jurnal Manajemen Pendidikan Jurnal Eduvis, 1(1).

Basrudin, Ratman, & Gagaramusu, Y. (2013). Penerapan Metode Tanya Jawab untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Sumber Daya Alam di Kelas IV SDN Fatufia kecamatan Bahodopi. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 1(1), 214–227. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/2979/0

Hanum, Z. (2021). Kemenkominfo: 89% Penduduk Indonesia Gunakan Smartphone Sumber: https://mediaindonesia.com/humaniora/389057/kemenkominfo-89-penduduk-indonesia-gunakan-smartphone. Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/humaniora/389057/kemenkominfo-89-penduduk-indonesia-gunakan-smartphone

Hastuti, W. S., Pujiastuti, P., Tiarani, V. A., Nugroho, I. A., & Herwin, H. (2021). Pelatihan pengembangan pembelajaran berorientasi Higher-Order Thinking Skills (HOTS) bagi guru sekolah dasar. FOUNDASIA, 12(1). https://doi.org/10.21831/foundasia.v12i1.36360

Hidayah, L. (2019). Revitalisasi partisipasi masyarakat dalam gerakan literasi nasional: studi pada program kampung literasi. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(1), 87-98.

JAHRAH, J. (2021). PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING MELALUI LOKAKARYA PEMBUATAN BAHAN AJAR BERBASIS PLATFORM GOOGLE FOR EDUCATION DI SMP NEGERI 2 TARAKAN. MANAJERIAL : Jurnal Inovasi Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.51878/manajerial.v1i2.646

Jannah, M., Husna, A., & Nurhalimah, S. (2020). Pembuatan Aplikasi Android dengan Cepat Menggunakan Ispring untuk Menunjang Pembelajaran Secara Daring. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 1(2), 66–72. https://doi.org/10.35719/vektor.v1i2.8

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital: Gerakan Literasi Nasional. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 33. https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2017/10/cover-materi-pendukung-literasi-finansial-gabung.pdf

Listyawan, E. A. (2021, December). Media Interaktif sebagai Literasi Digital Era 21 untuk Pembelajaran Sekolah Dasar. In Proseding Didaktis: Seminar Nasional Pendidikan Dasar, (pp. Vol. 6, No. 1, pp. 229-237).

Manik, I. K. (2020). Efektivitas Metode Tanya Jawab Multi Arah untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Mimbar PGSD Undiksha, 8(1).

Prihantini, P., Tyara, T., Dinila, D., Puspitasari, P., & Khairunnisa, K. (2021). Lokakarya Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(4), 121–126. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.27

Rahayu, T. (2017). Pengembangan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Gerakan Literasi Nasional. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2.

Rahayuningsih, S., & Rijanto, A. (2022). Upaya Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Pembelajaran pada Program Sekolah Penggerak di Nganjuk. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(02). https://doi.org/10.46772/jamu.v2i02.625

Rosnaeni, R. (2021). Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(5), 4334-4339.

Sampurna, R. H. (2020). Meningkatkan kualitas hidup sehat masyarakat Dayak melalui lokakarya Sekolah Sehat di Kabupaten Landak Kalimantan Barat. Riau Journal of Empowerment, 3(2). https://doi.org/10.31258/raje.3.2.117-126

Sutrisna, I. P. (2020). Gerakan literasi digital pada masa pandemi covid-19. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 8(2), 269-283.

Syahputra, E. (2018, December). Pembelajaran abad 21 dan penerapannya di Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Humaniora dan Pendidikan, (p. (QSinastekmapan) (Vol. 1)).

Syahputra. (2018). PEMBELAJARAN ABAD 21 DAN PENERAPANNYA. Prosiding Seminar Nasional SINASTEKMAPAN .

Utama, F., & Hasti Hasmira, M. (2019). Bentuk Pengawasan Orang Tua Pada Anak-Anak Pengguna Smartphone. Culture & Society: Journal Of Anthropological Research, 1(1), 103–109. https://doi.org/10.24036/culture/vol1-iss1/20


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


------------------------------------------------------------------------

Indexed By

 

 

Prosiding Senpedia

Email: [email protected]

Print-ISSN : 2986-187X | E-ISSN : 2963-9646