PENGUATAN EKONOMI KREATIF MASYARAKAT MELALUI PROGRAM TANI PEKARANGAN DI DESA KETITANG, JAWA TENGAH

Elynawati Elynawati

Abstract


Pandemi Covid-19 membuat kondisi ekonomi di masyarakat kian terpuruk. Keluarga yang menjadi tumpuan harapan pun menjadi sasaran program penguatan ketahanan pangan yang tepat sebagai salah satu upaya penanggulangan permasalahan ekonomi pada setiap rumah tangga. Semua potensi harus mulai dimanfaatkan, salah satunya melalui program tani pekarangan. Metode yang digunakan adalah penyuluhan berupa sosialisasi, diskusi, dan tanya jawab. Hasil dari kegiatan tersebut yaitu adanya pemahaman dan motivasi untuk memanfaatkan lahan sekitar rumah dengan program tani pekarangan sebagai kegiatan alternatif dalam mendapatkan pemasukan tambahan bagi keluarga. Hasil Pengabdian menunjukkan bahwa semua peserta yang terdiri dari ibu-ibu PKK bersemangat untuk mengaplikasikan program tani pekarangan sebagai salah satu upaya untuk menambah penghasilan keluarga. Kesimpulan dari kegiatan pengabdian tersebut adalah semua peserta memiliki pengetahuan yang baik tentang pemanfaatan lahan dan program tani pekarangan sebagai tambahan penghasilan keluarga di Desa Ketitang Jawa Tengah.



Full Text:

PDF

References


Alison, Mathie, Panduan Evaluasi dan Partisipatif untuk Program Pemberdayaan Masyarakat, Coady International Institute, 2016 (Seri Kemitraan Universitas- Masyarakat, SILE/LLD)

Alqamari, M., Trisna, N., & Br, M. (n.d.). Optimalisasi Lahan Pekarangan Sebagai Sentral Tanaman Sayuran Pada Kelompok Ibu-Ibu Pengajian. 166–174.

Anjar Sari, Yunita, 2018. Pengorganisasian Masyarakat Melalui Pengolahan Lahan Pekarangan Dalam Memaksimalkan Progam kawasan Rumah Pangan Lestari Di Dusun Krajan Desa Sumberbening Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek, Skripsi UIN Sunan Ampel Surabaya.

Bashith,Abdul, 2012. EkonomiKemasyarakatan,Malang:UIN MalikiPress.

Britha Mikkelsen, 1994. Metode Penelitian Partisipatoris dan Upaya-upaya Pemberdayaan, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Dwiratna, S., Widyasanti, A., & Rahmah, D. M. (2017). Pemanfaatan Lahan Pekarangan Dengan Menerapkan Konsep Kawasan Rumah Pangan Lestari. Dharmakarya, 5(1), 19–22.

Jown Howkins, Thea Creative Economy How Make Money From Ideas, (England: Penguin Groups, 2002)

Ratna Wijayanti, M. Baiquni, dkk, Strategi Penghidupan Berkelanjutan Masyarakat Berbasis Aset di Sub DAS Pusur, Das Bengawan Solo, (Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada, Jurnal Wilayah dan Lingkungan, vol 4 (2), 2016

Suharyanto, H. (2011). KETAHANAN PANGAN Heri Suharyanto * Abstrak. Sosial Humaniora, 4(2), 186–194. http://iptek.its.ac.id/index.php/jsh/article/view

/633/355


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


------------------------------------------------------------------------

Indexed By

 

 

Prosiding Senpedia

Email: [email protected]

Print-ISSN : 2986-187X | E-ISSN : 2963-9646