PENGGUNAAN MANDELEY DALAM MENULIS ARTIKEL ILMIAH NASIONAL BAGI GURU SMP MELALUI MODEL PELATIHAN GOAD

Harry Andheska, Nancy Willian, Rahmi Nuzulia, Reyke Mayang Safitri

Abstract


Berdasarkan hasil observasi awal, secara keseluruhan guru-guru yang belum terbiasa menggunakan mandeley untuk keperluan penulisan artikel jurnal nasional yang berbasis OJS. Oleh sebab itu, pelatihan penggunaan mandeley ini dapat dijadikan sebagai salah satu dari seluruh rangkaian Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) dalam pelatihan menulis artikel ilmiah jurnal nasional. Tujuan kegiatan ini adalah dihasilkannya luaran artikel ilmiah jurnal nasional para guru yang menggunakan mandeley sebagai manajer referensinya. Untuk memudahkan guru dalam memahami dan menggunakan mandeley tersebut, perlu menerapkan sebuah model pelatihan kepada mereka. Model pelatihan yang diterapkan adalah model pelatihan GOAD. Subjek pelatihan dalam kegiatan ini adalah 11 orang guru-guru SMP Negeri 11 Tanjungpinang yang terdiri atas bidang studi, seperti bahasa Indonesia, bahasa Inggri, agama, IPA, IPS, PKN, dan lainnya. Hasil dari pelatihan menunjukkan bahwa 65% guru sudah berkategori baik dalam menguasai Mendeley. Sementara itu, lainnya 15% sangat baik, 15% cukup, dan 20% masih kurang. Nilai tambah yang didapatkan oleh guru, yakni meningkatkan pengetahuan serta pengalaman mereka dalam menggunakan manager referensi dalam menulis artikel ilmiah.

Full Text:

PDF

References


Arta, K., Purnawati, D., Yasa, I. wayan, Ahmad, R., & Purnawibawa, G. (2021). Ilmiah Terindeks Sinta untuk Meningkatkan. Proceeding Senadimas Undiksha, 1357–1366.

Dewi, P. K., Rizal, M. S., Ardhian, D., Hardinata, V., Lestari, Y. D., & Kelas, P. T. (2017). Pelatihan penulisan artikel ilmiah berbasis penelitian tindakan kelas pada guru smp. 2(2), 7–17.

Emaliana, I., Rahmiati, I. I., Suwarso, P. N., Inayati, D., & Brawijaya, U. (2019). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru MGMP Bahasa Inggris SMA / MA se-Malang Raya. 3(2), 273–279.

Pahmi, P., Ardiya, A., Syahfutra, W., Wibowo, A. P., Niah, S., & Febtiningsih, P. (2018). Pelatihan Penggunaan Mendeley Untuk Referensi Dalam Menulis Karya Ilmiah Bagi Guru Sma Handayani Pekanbaru. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 2(2), 35–39. https://doi.org/10.37859/jpumri.v2i2.849

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Vol. 1999). (2009).

Rahayu, S. B. (2016). Pengembangan Model Diklat Guru Sosiologi Sma Tentang Strategi Pembelajaran Discovery-Inquiry Berbantuan Cd Interaktif. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 131. https://doi.org/10.24246/j.jk.2016.v3.i1.p131-147

Sadikin, A., Johari, A., Siburian, J., Wicaksana, E. J., & Natalia, D. (2021). Pelatihan Mendeley untuk Menunjang Karya Ilmiah Guru-Guru SMAN Titian Teras H . Abdurrahman Sayoeti. 10(01), 1–7.

Sagala, D., & Sutardi, D. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah pada Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu Workshop and Mentoring of Scientific Writing on Elementary School Teacher in Air Periukan Subdistrict, Seluma Regency and Bengkulu Province. 1(1), 1–8.

Saputro, B. A., & Prastikawati, E. F. (2022). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dan Publikasi Jurnal Nasional bagi Guru SMA di Kota Semarang. 13(1), 192–200.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


------------------------------------------------------------------------

Indexed By

 

 

Prosiding Senpedia

Email: [email protected]

Print-ISSN : 2986-187X | E-ISSN : 2963-9646