PELATIHAN PENGGUNAAN MODULAR TIPOGRAFI KEPADA GURU SEBAGAI MEDIA BELAJAR MEMBACA SISWA DI SD NEGERI KUMALA

Nugrah Juniar Umar, Elok Faiqoh, Najmawati Sulaiman

Abstract


Abstrak: Siswa sekolah dasar mengalami kesulitan mengenal huruf dan membaca. Kondisi ini diperparah dengan adanya kebijakan pemerintah yang mengharuskan siswa belajar dari rumah sehingga intensitas tatap muka antara siswa dan guru berkurang selama pandemi. Akibatnya, para guru mengalami kendala dalam menciptakan pembelajaran yang efektif. Tujuan pengabdian ini adalah untuk mengatasi kesulitan mengenal huruf dan membaca pada siswa sekolah dasar melalui pelatihan penggunaan media modular tipografi sebagai media belajar membaca siswa. Metode pelaksanaan berupa sosialisasi, pelatihan, dan simulasi penggunaan media modular tipografi. Evaluasi dilakukan menggunakan observasi setelah acara berlangsung untuk mengetahui pemahaman guru dalam penggunaan media modular tipografi dan keterampilan siswa mengenal dan menyusun huruf menggunakan media tersebut serta mengukur ketercapaian program pengabdian yang dilaksanakan. Mitra pengabdian adalah UPT SPF SD Negeri Kumala, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar yang terdiri dari 10 wali kelas dan 12 siswa kelas 2. Hasil yang telah dicapai adalah sebanyak 80% guru mampu menggunakan modular tipografi sebagai media belajar dan 83% siswa mudah mengenal huruf dan membaca dengan baik.

 

Kata Kunci: modular tipografi; media belajar; membaca

Abstract:  Elementary school students have difficulty recognizing letters and reading. This condition is exacerbated by the government's policy that requires students to learn from home so that the intensity of face-to-face between students and teachers is reduced during the pandemic. As a result, teachers experience obstacles in creating effective learning. The purposes of this dedication are to overcome difficulties in recognizing letters and reading toward elementary school students through training of using of modular typography media as a medium for learning of students’s reading. The implementation methods are socialization, training, and simulation of using of typography modular media. The evaluation was carried out using observation after the event to know the teacher's understanding in using typography modular media and students’ skill to recognize and arrange letters using that media, also measuring the achievement of dedication program implemented. The partner is UPT SPF SD Negeri Kumala, Tamalate District, Makassar City which consists of 10 teachers and 12 students in 2nd grades. The results that have been achieved are 80% of teachers are able to use typography modular as a learning medium and 83% of students are able to recognize and arrange letters well.

Keywords: typhoghrapy modular, learning media, reading

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


------------------------------------------------------------------------

Indexed By

 

 

Prosiding Senpedia

Email: [email protected]

Print-ISSN : 2986-187X | E-ISSN : 2963-9646