CANVA-LICIOUS SEBAGAI KELAS PENDAMPINGAN CURRICULUM VITAE DAN PORTFOLIO PROFESIONAL SISWA SMKN 4 GOWA UNTUK MENAKLUKKAN SNPMB DAN BURSA KERJA

Junaedi Junaedi, Suardi Suardi, Adlin Adlin

Abstract


Abstrak: Kendala yang dihadapi Siswa SMK Negeri 4 Gowa yaitu belum menyiapkan Portofolio yang dibutuhkan untuk jenjang setelah selesai menempuh bangku sekolah menuju bangku Kuliah atau dunia kerja sebagai sebuah dokumen penting menuju Bursa Kerja maupun Seleksi ke Perguruan Tinggi Negeri, Banyak siswa yang tidak memiliki pengetahuan atau kompetensi yang memadai dalam membuat portofolio dan CV yang efektif, Latar belakang dan tingkat keterampilan siswa SMKN 4 Gowa yang beragam, sehingga sebagian siswa memiliki keterbatasan dalam penggunaan teknologi, masih banyak siswa yang belum familiar dengan Canva dan tidak memahami potensi dan manfaatnya dalam menciptakan portofolio dan CV yang standout. Tujuan kegiatan ini untuk memperluas jaringan bagi Civitas Akademika Politeknik Negeri Media Kreatif dan memberikan kontribusi positif kepada masyarakat dalam hal ini siswa SMK Negeri 4 Gowa dengan membangun Personal Branding lewat CV dan Portofolio untuk kebutuhan Seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNPMB) dan Bursa Kerja sebagai upaya strategis menuju Generasi Emas 2045. Metode yang digunakan dalam PkM ini yaitu pelatihan menggunakan Canva untuk siswa-siswi SMK Negeri 4 Gowa. Pelatihan ini dilengkapi dengan presentasi, sesi tanya jawab, dan praktik langsung di Ruang Laboratorium Komputer SMK Negeri 4 Gowa, serta ditunjang dengan penguatandan pendampingan dan konsultasi via online melalui whatsapp. Pelaksaan Pengabdian Masyarakat ini telah dilaksankan pada SMKN 4 Gowa dengan Lancar pada bulan Juni hingga Juli 2024 dan diperoleh hasil 92% peserta pelatihan telah mampu menghasilkan CV dan portofolio yang baik dengan menggunakan Aplikasi Canva

 

Kata Kunci: Pelatihan; Pengabdian pada Masyarakat; Curiculum Vitae; Portofolio; Canva

 

Abstract: 

The challenges faced by students of SMK Negeri 4 Gowa include not yet preparing the portfolios needed for the next stage after finishing school, whether it be for university or the workforce, as these are important documents for job fairs or selection for state universities. Many students lack the knowledge or adequate skills to create effective portfolios and CVs. The diverse backgrounds and skill levels of SMKN 4 Gowa students mean that some have limitations in using technology; many students are still not familiar with Canva and do not understand its potential and benefits in creating standout portfolios and Curiculum Vitae.The purpose of this activity is to expand the network for the Academic Community of Politeknik Negeri Media Kreatif and provide a positive contribution to the community, specifically the students of SMK Negeri 4 Gowa, by building Personal Branding through CVs and Portfolios for the needs of the State University Entrance Selection (SNPMB) and Job Fairs as a strategic effort towards the Golden Generation 2045.  The method used in this community service program (PkM) is training using Canva for students of SMK Negeri 4 Gowa. This training is equipped with presentations, Q&A sessions, and hands-on practice in the Computer Laboratory Room of SMK Negeri 4 Gowa, as well as supported by reinforcement and mentoring and online consultations via WhatsApp.

The implementation of this Community Service was carried out smoothly at SMKN 4 Gowa from June to July 2024, resulting in 92% of the training participants being able to produce good CVs and portfolios using the Canva application.

 

Keywords: Training; Community Service; Curriculum Vitae; Portfolio; Canva

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


------------------------------------------------------------------------

Indexed By

 

 

Prosiding Senpedia

Email: [email protected]

Print-ISSN : 2986-187X | E-ISSN : 2963-9646