PELATIHAN DIGITAL MARKETING BAGI SISWA-SISWI SMK
Abstract
Abstrak: Siswa dan siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pada umumnya telah memiliki kecakapan dalam penggunaan berbagai aplikasi media sosial serta menunjukkan kemampuan dalam berinteraksi dan berkomunikasi di dunia digital. Namun demikian kemampuan tersebut sebagian besar hanya mereka gunakan untuk bersosialisasi dan tetap terhubung dengan teman dan keluarga saja, dan belum digunakan untuk membuka peluang dalam membangun branding dan mempromosikan bakat atau minat mereka yang lebih bersifat produktif. Solusi yang ditawarkan terkait dengan permasalahan tersebut adalah melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat berupa pelatihan digital marketing yang diberikan kepada para siswa-siswi SMK. Pelatihan digital marketing telah dilaksanakan di SMK IT Aisyiyah Jakarta yang diikuti oleh 20 (dua puluh) orang peserta sebagai perwakilan dari semua tingkatan. Materi pelatihan mencakup pengenalan instagram marketing dan pembuatan konten instagram marketing dengan memanfaatkan perangkat smartphone yang mereka miliki. Hasil yang dicapai menunjukkan adanya peningkatan pemahaman peserta terhadap materi digital marketing dan peningkatan kemampuan peserta dalam menggunakan aplikasi smartphone untuk membuat konten digital marketing.
Kata Kunci: digital marketing; instagram marketing; smartphone.
Abstract: Vocational High School (SMK) students generally have skills in using various social media applications and demonstrate the ability to interact and communicate in the digital world. However, most of them only use this ability to socialize and stay connected with friends and family, and have not used it to open up opportunities to build branding and promote their more productive talents or interests. The solution offered regarding this problem is through community service activities in the form of digital marketing training given to vocational school students. Digital marketing training was carried out at SMK IT Aisyiyah Jakarta, which was attended by 20 (twenty) participants as representatives from all levels. The training material includes an introduction to Instagram marketing and creating Instagram marketing content using the smartphone devices they own. The results achieved indicate an increase in participants' understanding of digital marketing material and an increase in participants' ability to use smartphone applications to create digital marketing content.
Keywords: digital marketing; instagram marketing; smartphoneFull Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
------------------------------------------------------------------------
Indexed By
Prosiding Senpedia
Email: [email protected]
Print-ISSN : 2986-187X | E-ISSN : 2963-9646