PENINGKATAN UMKM KARANG TARUNA MELALUI SOSIALISASI DAN PELATIHAN PENGOLAHAN SAMPAH MENJADI BARANG BERNILAI EKONOMIS MENGGUNAKAN PLATFORM E-COMMERCE

Efrizal Siregar, Yusnia Sinambela, Sudirman Sudirman

Abstract


Abstrak: Karang taruna merupakan salah satu lembaga kemasyarakatan yang merupakan wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda dan masyarakat. Karang taruna memiliki beberapa divisi salah satunya adalah pengembangan ekonomi masyarkat karang taruna dengan mengelolah sampah rumah tangga yang ada disetiap kecamatan Kota Medan. Berdasarkan hasil observasi langsung dan wawancara dari pengurus divisi pengelolaan sampah menyatakan bahwa UKMK ini masih belum menghasilkan produk yang bernilai ekonomi, sampah hanya dikumpulkan dan dibuang ke tempat pembuangan sampah. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pengetahuan untuk dapat mengelolah sampah rumah tangga menjadi lebih bernilai ekonomi kemudia memasarkan hasil produk tersebut dengan media e-commerce yang memanfaatkan digitalisasi ekonomi dengan menggunakan metode sosialisasi diperkuat dengan kegiatan workshop dan peningkatan keterampilan peserta dengan praktek langsung. Hal itu menjadi landasan Tim pengabdian untuk melakukan sosialisa dan pelatihan pengelolaan sampah menjadi produk yang memiliki nilai jual. Hasil yang sudah diperoleh lebih dari 77% peserta yang mengikuti kegiatan sudah mampu mengelola sampah menjadi produk yang bernilai jual seperti menjadi produk pupuk, desinfektan, pembersih lantai, dan pembersih kaca, 84% peserta memanfaatkan platform e-commerce untuk pemasaran produk yang dihasilkan.

Kata Kunci: Karang Taruna; Sampah; Sosialisasi; Pelatihan; E-Commerce

Abstract:  Karang Taruna is one of the social institutions which is a forum for fostering and developing the younger generation and the community. Karang Taruna has several divisions, one of which is the economic development of the Karang Taruna community. One of the activities of the division is managing household waste in every sub-district of Medan City. Based on the results of direct observations and interviews from the management of the waste management division, they stated that this UKMK still does not produce products that have economic value, waste is only collected and disposed of in landfills. This community service aims to provide training and knowledge to be able to manage household waste to become more economically valuable and then market these products with e-commerce media that utilizes economic digitization by using the socialization method, strengthened by workshop activities and improving the skills of participants with direct practice. This became the basis for the dedication team to carry out socialization and training on waste management into products that have a sale value. The results that have been obtained are more than 80% of the participants who take part in the activity are able to process waste into products that have sales value such as fertilizer, disinfectant, floor cleaners, and glass cleaners which are marketed using e-commerce platforms.

Keywords: Karang Taruna; Rubbish; Socialization; Training; E-Commerce

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


------------------------------------------------------------------------

Indexed By

 

 

Prosiding Senpedia

Email: [email protected]

Print-ISSN : 2986-187X | E-ISSN : 2963-9646