MURAL SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PUBLIK UNTUK MEMBANGUN CITRA KEGIATAN PELESTARIAN LINGKUNGAN DI KELURAHAN SRENGSENG SAWAH JAKARTA SELATAN

Lani Siti Noor Aisyah, Hari Purnomo, Liza Amalia

Abstract


Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh upaya PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) yang berada di bawah naungan Kelurahan Srengseng Sawah, Jakarta Selatan sebagai organisasi yang ditunjuk untuk menjalankan program pelestarian lingkungan dan ketahanan pangan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Tujuan program adalah membangun masyarakat mandiri dalam pemenuhan kebutuhan pangan melalui anjuran untuk memiliki kebun sendiri yang ditanami sayur mayur, buah-buahan, bumbu dapur dan tanaman obat. Dalam mendukung program Ketahanan Pangan ini, tim pengabdi membuat mural dengan tema yang selaras dan bertujuan untuk membangun citra program agar lebih dikenal oleh masyarakat luas, dan khususnya untuk pemberdayaan perempuan di wilayah yang dijalankan oleh PKK. Pembuatan mural dilaksanakan dengan teknik lukis pada media dinding berukuran 12 x 2,5 meter di area kebun Kelurahan. Mural berfungsi sebagai media visual penyampai pesan, gagasan, serta mengajak dan mengedukasi. Mural di kebun Kelurahan Srengseng Sawah ini telah memberikan nilai estetika dan dapat memperkuat citra kegiatan pelestarian lingkungan dan ketahanan pangan yang sedang dijalankan. 

Kata Kunci: mural; ambient media; ketahanan pangan;

This activity was motivated by the attempt of PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) which under the auspices of of Kelurahan Srengseng Sawah, South Jakarta, as the organization that manage environmental conservation and food security program of the DKI Jakarta Provincial Government. The goal of the program is to build an independent community who provide their food needs by having their own garden planted with vegetables, fruits, herbs and medicinal plants. In supporting the food security program, the community service team created a mural with an aligned theme to build the image of the program to be well known by citizen, especially for women empowerment managed by PKK. This mural was made by using painting techniques on a 12 x 2,5 meter wall in Kelurahan Garden. Mural as a media to deliver messages, ideas, campaign and educate. This mural in Kelurahan Srengseng Sawah garden  has given aesthetic value and build image of environmental conservation and food security activities being carried out.

Keywords : mural; ambient media; food security

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


------------------------------------------------------------------------

Indexed By

 

 

Prosiding Senpedia

Email: [email protected]

Print-ISSN : 2986-187X | E-ISSN : 2963-9646