PELATIHAN INSTAGRAM MARKETING PADA UMKM BINAAN SUDIN PPKUKM JAKARTA SELATAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN ONLINE

Anindita Budi Astuti, Lani Siti Noor Aisyah, Yayah Nurasiah

Abstract


Abstrak: Masih banyak UMKM yang belum memahami dengan baik cara optimalisasi Instagram marketing melalui IG ads, cara membuat desain konten yang menarik, serta belum memahami etika promosi di Instagram. Tujuan dari pelaksanaan pengabdian kepada Masyarakat Kemitraan Strategis ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan pelaku UMKM dalam memanfaatkan IG ads, menguasai software Canva dalam membuat desain konten promosi, dan dapat membuat konten promosi yang tidak melanggar etika. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk pelatihan Instagram Marketing bagi UMKM binaan Sudin PPKUKM yang  berada di wilayah Kecamatan  Ps.Minggu  dan  Kecamatan Jagakarsa sebanyak 20 peserta. Evaluasi pengetahuan peserta dilakukan sebelum materi pelatihan diberikan melalui pre-test. Diakhiri dengan pengukuran akhir melalui post-test. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa sebelum diberikan pelatihan Instagram Marketing sebagian besar peserta memiliki pengetahuan dengan kategori sedang yaitu 80% dan masih ada peserta yang memiliki pengetahuan dengan kategori rendah yaitu 8%. Setelah diberikan  pelatihan, hasil pengukuran menunjukkan  sebagian besar pengetahuan berada pada kategori tinggi yaitu 83% dan kategori sedang yaitu 18%.

Kata Kunci: Instagram marketing; sosial media; UMKM

 

Abstract: There are still many SMEs who don't understand well how to optimize Instagram marketing through IG ads, how to create attractive content designs, and don't understand the ethics of promotion on Instagram. The purpose of implementing this Strategic Partnership Community Service is to increase the ability of SMEs players to utilize IG ads, master Canva software in designing promotional content, and be able to create promotional content that does not violate ethics. This activity was packaged in the form of Instagram Marketing training for SMEs assisted by the PPKUKM Sub-agency in the Ps. Minggu and Jagakarsa District areas with a total of 20 participants. Evaluation of participants' knowledge is carried out before the training material is given through a pre- test. Ended with the final measurement through the post-test. The results of the community service show that before being given Instagram Marketing training, most of the participants had moderate category knowledge, namely 80% and there were still few participants who had low category knowledge, namely 8%. After being given training, the measurement results showed that most of the knowledge was in the high category, namely 83% and the medium category, namely 18%.

 

Keywords: Instagram marketing; social media; SMEs

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


------------------------------------------------------------------------

Indexed By

 

 

Prosiding Senpedia

Email: [email protected]

Print-ISSN : 2986-187X | E-ISSN : 2963-9646