PENERAPAN GREEN MARKETING DAN DIGITAL MARKETING PADA UMKM BINAAN KECAMATAN TAMALANREA

Ridwan Jamal, Eva Fachria, Junaedi Junaedi, M. Djazman Addin S.

Abstract


Masalah yang dihadapi oleh UMKM pada Kecamatan Tamalanrea yaitu meskipun mendapatkan fasilitas pinjaman lunak namun bebrapa UKM kesulitan dalam mengembalikan karena usaha mereka belum menghasilkan keuntungan yang cukup. Hal ini dikarenakan para pelaku usaha seringkali tidak melakukan evaluasi dan perbaikan terhadap usahanya. Selain itu, selama pandemi, pelatihan yang diberikan kepada pelaku UMKM juga terbatas, khususnya dalam hal pemasaran yang efektif. Tujuan Kegiatan pengabdian Pada Masyarakan ini untuk menciptakan metode yang friendly untuk mitra dan dapat meningkatkan penjualan produk mereka dan meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat agar mampu bersaing di pasar. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan menggunakan metode One-Day Training (ODT) yang dilakukan dalam waktu satu hari, Pelaksanaan pelatihan ini melibatkan metode ceramah, demonstrasi, dan sesi tanya jawab. Dalam pelaksanaan kegiatan PkM telah dilaksanakan pada Bulan Juli 2024 yang melibatkan 40 Orang Perwakilan Pelaku UMKM Kecamatan Tamalanrea yang berjalan dengan lancar selama sehari offline dan dilanjutkan dengan pendampingan via Online dan Grup Whatsapp.

Kata Kunci: Digital Marketing, Green Marketing, Social Media,UMKM

Abstract: 

The problem faced by MSMEs in the Tamalanrea District is that although they receive soft loan facilities, some MSMEs struggle to repay because their businesses have not yet generated sufficient profits. This is because business operators often do not conduct evaluations and improvements on their businesses. In addition, during the pandemic, the training provided to MSME actors was also limited, especially in terms of effective marketing. The purpose of this community service activity is to create a friendly method for partners that can increase their product sales and enhance the economic empowerment of the community so that they can compete in the market. The method used in this community service activity is implemented using the One-Day Training (ODT) method, which is conducted in one day. The training implementation involves lectures, demonstrations, and question-and-answer sessions. In the implementation of the PkM activities, it was carried out in July 2024, involving 40 representatives of MSME actors from the Tamalanrea District, which ran smoothly for one day offline and continued with online mentoring and a WhatsApp group.

Keywords: Digital Marketing, Green Marketing, Sosial Media,UMKM

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


------------------------------------------------------------------------

Indexed By

 

 

Prosiding Senpedia

Email: [email protected]

Print-ISSN : 2986-187X | E-ISSN : 2963-9646